Antispam dengan CAPTCHA dan reCAPTCHA

Malem minggu gini pada bingung mau nulis apaan, sekelibat ane tertarik dengan sebuah teknologi antispam bernama reCAPTCHA. Sebenernya ada juga antispam yang namanya CAPTCHA. Nah loh bedanya apa tuh? Berhubung ane penasaran jadinya ane browsing buat nyari jawabannya. So, mari kita bahas dikit di sini.

CAPTCHA merupakan sebuah teknologi challenge-response yang digunakan dalam komputer dan biasanya ada dalam dunia internet yang berguna untuk meyakinkan bahwa respon atau jawaban tidak di-generate oleh komputer atau bot. Jadi prosesnya adalah server menanyakan sebuah challenge atau sebuah pertanyaan yang ditujukan untuk manusia. Pertanyaannya berupa menebak huruf, angka, atau kombinasi keduanya di dalam sebuah gambar yang sedikit “terdistorsi”. Kita biasanya bisa menemukan CAPTCHA saat kita mau mengisi sebuah form atau isian di dalam sebuah website.

Kalo gitu bagaimana dengan reCAPTCHA? menurut ane fungsi dasarnya adalah sama dengan CAPTCHA yaitu untuk antispam berupa challenge-response yang ditujukan apakah response berasal dari bot atau manusia. Tapi ada tujuan lain dari reCAPTCHA, yaitu untuk membantu proses digitasi teks dari sebuah buku. Nah contohnya saja saat ini reCAPTCHA sedang membantu digitasi dari arsip-arsip NEW YORK TIMES dan GOOGLE juga menggunakan reCAPTCHA untuk melakukan digitasi buku-buku.

reCAPTCHA menampilkan sebuah teks yang tidak bisa dibaca oleh software OCR (Optical Character Recognition). Jadi, manusia yang melakukan sebuah validasi teks tersebut berarti turut membantu proses digitasi teks tersebut. Operasinya gimana masih belum ane pahami jadi ane belum bisa banyak ngasih pencerahan di sini hehe.

Jadi buat para webmaster atau web programmer, reCAPTCHA adalah sebuah solusi yang baik buat menangkal serangan spam dari bot-bot jahat :D, selain itu dengan menggunakan reCAPTCHA kita juga membantu melakukan digitasi buku-buku yang kadang mengandung nilai sejarah tinggi.

Sekian dulu ya, adapun referensi terkait untuk CAPTCHA ane ambil dari wikipedia ini dan untuk reCAPTCHA juga dari wikipedia ini

2 Responses to “Antispam dengan CAPTCHA dan reCAPTCHA”

  1. […] untuk urusan antispam, Captcha adalah salah satu solusinya, karena bisa membedakan antara bots dan manusia. Tapi kenapa forum IOC […]

  2. Kasper Suits…

    […Be Sure to Accept This Swapping Invitation…]…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *