Iseng-Iseng Merubah Menu GRUB Loader

Daripada bengong yuk kita sedikit ngoprek LINUX khususnya yang pake Ubuntu. :)
Yang udah pake Ubuntu pasti kenal yang namanya GRUB (GNU GRand Unified Bootloader). Nah GRUB ini merupakan loader yang dipake kalo kita misalkan pake dual boot atau multiboot pada OS kita. Misalkan kita pake WIindows dan UBUNTU, atau bisa sampai 3 OS sekaligus.

Nah, ide kita kali ini adalah merubah sedikit tampilan menu grub. Jadi, kita bisa merubah nama-nama menu grubnya dengan nama yang kita inginkan. Pada bingung? Langsung aja yaw masuk ke terminal masing-masing.

didik@D2K-Gear:~$ sudo -i
[sudo] password for didik:

Masukkan Passwordnya lalu mulai mengoprek surce code dengan perinta berikut:

root@D2K-Gear:~# nano /boot/grub/grub.cfg

Nah nanti kan pada masuk ke source code konfigurasi GRUB, nah kalian cari aja baris yang berhubungan dengan menu GRUB di bagian menuentry

Silahkan kalian rubah sesuai dengan keinginan kalian :)

Kalo udah, tekan CTRL+X lalu ketik Y (untuk menyimpan) dan selanjutnya ENTER saja.

lalu Restart komputernya untuk melihat hasilnya dengan perintah berikut:

root@D2K-Gear:~#reboot

Ini ane praktekin menggunakan UBUNTU 10.04
Segitu aja deh tutorialnya,,selamat berkreasi.

2 Responses to “Iseng-Iseng Merubah Menu GRUB Loader”

  1. […] bermanfaat. Artikel lain: 1. Cek Kompiz pada komputer 2. Install Google Earth pada Ubuntu 10.04 3. Merubah Menu GRUB Loader Linux 4. Menjalankan Emulator Android di Ubuntu 10.04 5. Memaksimalkan Manajemen Memori di […]

  2. […] tapi semoga tetap memberikan manfaat kepada dunia GNU/Linux dan open source Artikel terkait: 1. Merubah menu Grub Loader Ubuntu 2. Memaksimalkan kinerja manajemen memori pada […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *