Mengetahui Kecepatan Data Transfer dari WebHosting

Iseng-iseng neh barusan blogging akhirnya nyampe ke www.esc-creation.com lalu nemu artikel yang berisi tentang bagaimana mempercepat loading website. Nah yang pengen ane share di sini adalah gimana caranya untuk mengetahui kecepatan data transfer dari webhosting.

Gimana caranya? kebetulan dari artikelnya merekomendasikan pake situs just-ping.com. Dari sana kita bisa melakukan pengetesan seberapa cepat webhosting kita diakses dari tempat-tempat tertentu. Oke, nih ane kasih skrinsutnya:

Oke, untuk percobaan ane coba melakukan ping ke forum IOC di ioc.web.id (yang ane lingkarin). Setelah itu akan muncul hasilnya di bawah. Kelihatan kan kalo di sana dilakukan uji ping dari tempat-tempat berbeda di seluruh dunia. Ntar ada laporannya apakah ping sukses (berarti bisa diakses dengan baik) dan berapa rrt nya. Semakin kecil nilai rrt (yang ane tandai pake arah panah), maka tandanya akses semakin cepat.

ping dari singapura menunjukkan nilai rrt relatif kecil. ini artinya akses dari tempat tersebut cepat. Kenapa bisa cepat? karena setahu ane server yang dipake untuk forum IOC emang di Singapura :) dan untuk di tempat lain, rrt menunjukkan nilai yang mencapai ratusan. Ya pengaruh tempat juga sih, kalau masih di kawasan Asia nilai rrt tergolong kecil, tapi kalo udah diluar Asia bisa jadi besar.

Jadi, silahkan dicoba ya,,:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *