Virus juga bisa serang Android

Nih, baru jalan-jalan di dunia maya nemu berita kalo Android di Cina udah dilaporkan ada yang terkena virus. Nih beritanya:

WASHINGTON, KOMPAS.com – Satu jenis virus yang menyerang telepon genggam yang menggunakan sistem operasi Android buatan Google dilaporkan terjadi di China. Kelemahan ini memungkinkan peretas (hacker) memperoleh akses ke data pribadipemilik ponsel pintar dari jarak jauh.

Laporan yang dilansir Lookout Mobile Security menyatakan virus baru jenis Trojan yang menyerang perangkat Android telah dijuluki “Geinimi”. Infeksi virus ini dapat menghimpun data pribadi yang sangat banyak di telepon pengguna serta mengirimnya ke server mana saja secara otomatis. Perusahaan tersebut bahkan menyebut virus tersebut sebagai malware (malicious software) Android yang paling canggih saat ini.

“Segera setelah perangkat jahat tersebut terpasang di telepon pengguna, malware itu memiliki kemampuan untuk menerima komando dari server terpencil yang memungkinkan pemilik server itu untuk mengendalikan telepon tersebut,” kata Lookout. Pencipta Geinimi juga telah meningkatkan kecanggihan virus tersebtu agar tidak terlalu mencolok. Virus itu bekerja dengan teknik yang tidak mudah terdeteksi.

Belum diketahui motif di balik virus tersebut. Namun, kelemahan itu dapat digunakan untuk apa saja mulai dari  menyebarkan jaringan iklan jahat sampai upaya untuk menciptakan botnet di ponsel Android.

Wah, ternyata Android udah mulai kelihatan celahnya. Ada yang menanggap ini adalah perang dagang soalnya Android dengan cepat mampu menjadi smartphone papan atas macam iphone dan Blackberry. Apapun itu, semoga teknologi ini semakin baik ke depannya. Jika memang ada celah di Android, berarti itu menjadi koreksi pada pengembang untuk bisa menambal celah itu di versi selanjutnya.

sumber di sini

One Response to “Virus juga bisa serang Android”

  1. Virus juga bisa serang Android » Khatulistiwa…

    Ini adalah berita ditemukannya virus pada OS Android di China…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *