Gtick-Metronom Sederhana di Linux Untuk Latihan Musik

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Berhubung hampir 6 tahun udah pegang gitar tapi skill masih setara dengan newbie kurang gizi akhirnya ane memutuskan untuk sedikit belajar gitar. Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang yang belajar gitar adalah gitar (Logis ya), dan selanjutnya adalah METRONOME. Metronome itu adalah alat pengatur tempo, biasanya berupa ketukan yang memiliki interval dan interval tersebut bisa diatur kecepatannya sesuai kebutuhan. Nah ini berguna pada saat bermain gitar tempo kita bisa konstan dan itu bisa membuat permainan menjadi rapi. Gak hanya gitar sih, tapi bisa juga instrumen lainnya seperti drum, bass, dll.

Di Linux udah ada aplikasi metronome yang bernama Gtick. GUI-nya simpel dan mudah dipahami. Ane mencoba instalasi Gtick di Linux Mint 9 dan sukses. Dan aplikasi ini udah ada di repositori kok jadi bisa install langsung lewat Synaptic Package Manager. Untuk install-nya bisa dengan perintah berikut ini:

kalo gak ada masalah berarti instalasi berhasil. Tapi tunggu dulu, karena keluaran bunyi gtick defaultnya adalah /dev/dsp maka ada kemungkinan gak bisa bunyi metronomnya. Solusinya adalah install alsa-oss dengan perintah berikut:

Kalo udah jalankan aplikasi gtick dengan perintah berikut:

Klik aja tombol start, kalo udah bunyi berarti g ada masalah lagi.

Selamat bermusik ria :)

Sumber solusi gtick di sini aja

2 Responses to “Gtick-Metronom Sederhana di Linux Untuk Latihan Musik”

  1. Gtick-Metronom Sederhana di Linux Untuk Latihan Musik ยป Khatulistiwa…

    instalasi aplikasi metronome di Linux menggunakan gtick…

  2. […] buat belajar gitar. Ane cuma pesen, kalo latihan itu harus istiqomah alias teratur, kalo bisa pake Metronom buat menjaga tempo biar teratur […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *