Hasil Penelitian Baru Menyebutkan Facebook Membuat Frustasi

Siapa sih yang gak punya akun Facebook (FB)? Dari anak kecil sampe anak besar, eh maksud ane orang tua punya akun FB. Bahkan ada yang hingga mempunyai beberapa akun FB dikarenakan akun yang lama sudah tidak mampu menampung jumlah teman yang ada, atai dikarenakan juga beberapa hal seperti di-crack oleh orang tak bertanggung jawab, iseng, dan lain-lain. Nah baru-baru ini ada penelitian yang menyingung tentang dampak Facebook terhadap kondisi psiologis orang. Nih beritanya:

LONDON – Sebuah studi psikologi terbaru menunjukkan, semakin banyak teman yang anda miliki di Facebook, risiko anda merasa tertekan juga semakin besar. Lho?Ahli psikologi meyakini, mereka yang memiliki tingkat kecanduan tinggi terhadap Facebook bisa jadi akan mengalami kegelisahan terkait situs jejaring sosial tersebut. Demikian seperti dilansir Telegraph, Kamis (17/2/2011).
Peneliti dari Edinburgh Napier University meminta tanggapan sejumlah mahasiswa tentang penggunaan situs pertemanan populer itu. Banyak responden mengklaim merasa bersalah ketika menolak friend request seseorang. Sementara, satu dari 10 orang mengaku gugup ketika mengakses situs tersebut.
Sebagian lainnya tidak bisa mengatasi tekanan untuk selalu menjadi pribadi yang menghibur. Lainnya, merasa iri dengan user lain yang memiliki teman lebih banyak atau terlihat lebih bersenang-senang ketimbang mereka.
“Kami menemukan bahwa justru mereka yang memiliki kontak paling banyak dan menghabiskan waktu paling lama di Facebook lebih berpeluang merasa stress,” ujar Dr Kathy Charles, yang memimpin studi tersebut.
Dia menambahkan, banyak user tidak bisa memberikan alasan tepat mengapa mereka menggunakan jejaring sosial dengan lebih dari 500 juta pengguna itu.
“Tapi, banyak juga yang mengatakan bahwa mereka tidak ingin menarik diri dari situs tersebut karena takut kehilangan informasi sosial penting ataupun menyinggung kontak mereka,” tutup Dr Charles.
(srn)

Kalau kalian bagaimana? Apa kalian cenderung frustasi saat Facebook-an atau malah frustasi karena gak Facebook-an? Yang jelas kalian sendiri yang bisa menilai itu. Sekarang lihat jumlah teman yang kalian punya di Facebook, apa kalian kenal semua? Kalo ane sih jujur banyak yang gak kenal, tapi dilema juga kalo di-remove. :)

Ah, udahlah kembali pada diri masing-masing. Sekali lagi gunakan teknologi dengan bijak. Gunakan Facebook juga dengan cara-cara yang baik. Update status yang menyinggung SARA, kata-kata kotor, sebaiknya dihindari. Karena itu dapat membuat citra orang terhadapmu buruk. :)

Sumber berita di sana

Artikel lainnya:
1. Pendidikan etika berteknologi untuk remaja dan pelajar
2. GNU/Linux untuk pendidikan
3. 4 tipe kepribadian manusia
4. Sudah yakinkan kalian dengan jurusan yang kalian ambil?
5. 71% Pengguna Smartphone tidak memaksimalkan fungsinya