Memilih laptop atau PC Desktop? Lihat dulu kebutuhannya

Sambil nunggu download selesai ane mau berbagi sesuatu. Bukan coklat valentine atau apa, cuma sekedar wacana aja bagi yang pengen punya komputer. Kita tahu bahwa 10 tahun lalu komputer itu adalah hal yang keren dan mewah, sekarang? bahkan laptop saja sudah merupakan kebutuhan. Kebutuhannya juga macam-macam, untuk belajar lah, internetan lah, nge-game lah, nonton video lah, dengerin musik lah, atau foto-foto dengan webcam. Anyway untuk alasan yang terakhir mungkin terlalu labil, jadi dari macam-macam kebutuhan itu orang jadi pengen punya komputer.

Jadi lebih enak mana antara laptop atau PC Desktop? Jawabannya tergantung apa kebutuhannya. Rata-rata kalau mahasiswa pasti milihnya Laptop dengan alasan kepraktisan sekaligus udah jadi lifestyle tersendiri. Sedangkan kalo PC Desktop mungkin dicari oleh para maniak game yang membutuhkan spesifikasi besar dan mudah dalam upgradenya. Intinya adalah kebutuhan.

Laptop itu adalah komputer portabel alias bisa dibawa kemana-mana dan ukurannya juga kecil. Tapi sekarang sudah muncul netbook yang ukurannya lebih kecil lagi (bisa seukuran buku) tapi kemampuannya tak kalah dengan komputer pada umumnya. Ini cocok untuk pekerjaan yang kelasnya menengah kebawah alias dari yang ringan hingga berat tapi tidak terlalu berat. Pekerjaan itu bisa dari internetan, mengetik, multimedia (musik dan film), hingga programming dan game, tapi yang paling utama adalah diperlukan bagi yang mementingkan portabilitas alias yang suka pindah kemana-mana sambil membawa pekerjaannya.

Gimana dengan PC Desktop? Sekarang kayaknya udah kalah populer dengan notebook dan netbook, tapi PC Desktop tetep punya peminat kok. Biasanya digunakan untuk usaha baik itu usaha warnet, advertising, atau kebutuhan kantor. Selain itu yang suka hobi overclocking atau gamers addict cenderung lebih suka PC Desktop dengan alasan maintenance hardware bisa lebih mudah dan upgrade hardware juga bisa lebih mudah.

Tapi sekarang kan Laptop punya sepsifikasi yang tinggi? I see, sekarang udah banyak laptop berspesifikasi tinggi, seperti penggunaan processor core i-series, graphic card handal, RAM teknologi baru, dan harddisk kapasitas jumbo. Tidak menjadi masalah sebenarnya laptop dituntut untuk kinerja tinggi. Tapi kesulitan yang mungkin muncul adalah saat ada masalah dengan hardware. Bongkar sendiri adalah solusi yang tidak disarankan bagi pengguna awam, kecuali jika memang sudah berniat untuk menerima kerusakan akibat kelalaian sendiri.

Oke, jadi penjelasan bisa disingkat menjadi seperti ini:

1. Jika Anda tergolong orang yang aktif dalam arti membutuhkan portabilitas dalam bekerja, Laptop adalah kebutuhan yang pas.

2. Jika Anda seorang gamer addict yang membutuhkan spesifikasi tinggi untuk game Anda, Desktop adalah solusi yang baik karena bisa melakukan upgrade hardware dengan mudah.

3. Semakin tinggi tingkat kebutuhan anda, maka semakin tinggi juga spesifikasi komputer yang Anda butuhkan. Tapi adalah hal mubadzir jika kebutuhan Anda kecil tapi Anda memaksa untuk memilih spesifikasi tinggi. Misalkan, Anda hanya butuh aplikasi office, internetan, video dan musik. Processor Core i7 dengan RAM 3GB serta 512MB Graphic Card adalah terlalu besar untuk itu. Sama halnya Anda ingin minum tapi menggunakan sebuah drum sebagai gelasnya. Jadi lihat kebutuhan Anda.

4. Jika memilih PC Desktop, Anda bebas memilih apakah menggunakan Built In atau rakitan sendiri. Kembali lagi pada kebutuhan. Kalau tidak ingin repot gunakan saja built ini, tapi kalau ingin mendapatkan performa yang sesuai keinginan, rakitan sendiri bisa jadi solusi tepat.

5. Yang terakhir adalah BUDGET. Yuph, tanpa budget kita juga gak bisa beli komputer :). Cek kondisi budget Anda dan sesuaikan dengan kebutuhan komputer Anda. Semakin tinggi spesifikasi, konsekuensinya adalah semakin mahal harganya. Akan lebih bijak jika melihat kebutuhan komputer yang bisa dijangkau dengan budget kita :)

Finally, keputusan tetap kepada Anda kok. Apapun keputusan itu, manfaatkanlah teknologi di jalan yang benar. :)

4 Responses to “Memilih laptop atau PC Desktop? Lihat dulu kebutuhannya”

  1. Memilih laptop atau PC Desktop? Lihat dulu kebutuhannya ยป Khatulistiwa…

    Artikel tentang bagaimana memilih komputer sesuai kebutuhan…

  2. diajeng says:

    kalo laptop kemahalan.. tapi kan bs nyicil… kalo pc c agak murah tapi gak bisa nyicill…
    kalo beli laptop tar pc dikemanain?? udah punya c..tapi rusak gt.. ni lg pusing mo beli pc ato laptop..
    any advice??

  3. @diajeng

    lihat butuhnya dulu, kalo misalkan lebih sering pake dirumah ya PC lebih nyaman. Lagipula PC gampang update komponen hardware nya, jadi misalkan nanti ada keluaran hardware terbaru misalkan VGA card gak perlu ganti PC baru selama PC itu masih mendukung hardware terbaru. Bagi saya PC juga bisa nyicil kok, belinya per bagian dari casing, processor, motherboard, RAM, LCD, dan banyak lagi. Kalo diajeng gak ngerti masalah gituan, coba tanya temen yang udah pengalaman.

    Nah, laptop itu nyaman kalo dipake misalkan kita butuh laptop kesana kemari untuk kerjaan (sering pindah-pindah). Kalo misalkan beli laptop, PC nya ya bisa digunain sebagai tempat backup2 data dari laptop, atau bisa dijual untuk tambahan dana beli laptop :)

    Semoga membantu dan terima kasih sudah mampir di blog saya :)

  4. […] dan munculnya notebook sampai jadi tablet komputer. Dulu saya pernah membuat tulisan tentang beberapa tips memilih antara PC dan Laptop yang sesuai kebutuhan. Lalu bagaimana jika kita butuh komputer untuk […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *