Ternyata Orang Lebih Suka Mencari Informasi dengan Internet

Hmm sekedar mengambil kesimpulan aja sih dari polling yang ane adakan di blog ini. Tema yang ane ambil adalah “Lebih suka mencari informasi melalui apa?” dan ane memberikan 3 opsi saja. Ini opsi sekaligus hasil polling yang udah ada:

1. Internet (67%, 10 votes)

2. Buku (20%, 3 votes)

3. Bertanya kepada teman (13%, 2 votes)

Lebih jelasnya bisa dilihat di gambar polling berikut;

Mari kita analisa sedikit 😀 Munculnya teknologi search engine macam Google tentu mempengaruhi pola kita dalam mencari informasi. Ditambah lagi penyebaran internet sekarang sudah semakin luas hingga ke pelosok. Apa hanya itu? ooh tidak, teknologi mobile juga sudah semakin mudah dalam melakukan akses internet. Setiap saat kita membutuhkan informasi secara cepat, tinggal buka internet dan tak sampai hitungan menit kita sudah bisa mendapatkan informasi itu. Ane kira ini mungkin faktor terbesar kenapa orang memilih mencari informasi melalui internet, karena cepat, efektif, dan tidak dibatasi oleh tempat dan waktu. Daripada harus susah-susah mencari buku terkait, membuka berlembar-lembar halaman, internet adalah solusi yang bagus.

Lalu pertanyaannya, apakah buku ditinggalkan begitu saja? Apakah buku tidak bisa menjadi sumber informasi yang bagus? Buat ane pribadi kehadiran buku itu tetap penting dan tentu saja selalu memberikan informasi yang lengkap dan valid. Bukan berarti informasi dari internet itu tidak valid, hanya saja terkadang sumber-sumber yang menyebutkan valid tidaknya informasi itu kurang. Berbeda kalo buku yang menghimpun dari beberapa sumber dan juga dikaji secara detail sehingga menjadi sumber informasi yang valid. Selain itu, sekarang ini sudah banyak buku-buku elektronik (e-book) yang siap di unduh di internet baik yang gratis ataupun berbayar. Yaah, lagi-lagi tetap mengakses internet untuk bisa mendapatkan buku itu :)

Bertanya pada teman itu bisa menjadi sarana efektif jika internet dan buku tidak tersedia, tapi tidak menjamin jika dia bisa menjawab apa yang kita tanyakan. Kalau teman kita bisa menjawab pertanyaan kita dengan detail dan baik ya bagus, kalu tidak bisa-bisa dia cuma menjawab “cari di internet kan banyak” yaaaaah, lagi-lagi internet :)

Kesimpulannya, orang itu lebih suka mencari informasi melalui internet karena konten yang sangat luas (hampir menyediakan segala jenis informasi), cepat, efektif, dan tidak terikat oleh tempat dan waktu. Apapun itu, internet berhasil merubah pola hidup masyarakat yang selalu berburu informasi. Dan sekali lagi pesan ane, gunakanlah internet dengan sehat dan benar :)

Sekian dulu opini hari ini, semoga ada manfaatnya dan Bravo IT Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *