[Penelitian] Ternyata Musik Sebabkan Depresi pada Remaja

Masa sih musik bisa sebabkan depresi pada remaja? Nih beritanya:

PITTSBURG – Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa musik dapat sebabkan depresi pada remaja apabila dikonsumsi secara berlebihan.

“Bentuk media lain seperti televisi dan film tidak memiliki dampak langsung, tapi mendengarkan musik berhubungan erat dengan depresi, salah satu penyakit mental yang serius,” ujar Dr Brian Primack, Profesor Kedokteran di Pittsburg University.

“Sampai saat ini, belum jelas apakah penderita depresi yang mulai mendengarkan musik sebagai pelarian atau mendengarkan musik dalam jumlah yang banyak dapat sebabkan depresi. Yang pasti, penemuan ini mampu membantu dokter dan orang tua untuk menyadari hubungan antara media dengan depresi,” jelasnya. Seperti yang dikutip dari The Register, Rabu (6/4/2011).

“Penting juga diketahui kalau membaca mampukurangi kemungkinan depresi. Hal ini cukup membantu, mengingat kini minat membaca buku semakin berkurang,” tambah Primack.

Berikut adalah pernyataan resmi dari Pittsburg University:

“Studi ini melibatkan 106 partisipan remaja, yang 46 di antaranya didiagnosa menderita depresi. Para peneliti menemukan bahwa anak muda yang banyak mendengarkan musik, jika dibandingkan dengan yang jarang mendengarkan musik, memiliki peluang 8,3 kali besar menderita depresi. Sementara media yang lain tidak berpengaruh secara signifikan terhadap depresi”
(srn)

Waah, musik kan seharusnya bikin stress ilang kok malah bikin depresi? Ya mungkin ini hanya terjadi pada remaja karena penelitiannya masih dalam lingkup remaja. Kalo boleh komentar sih kenapa musik justru sebabkan depresi itu biasanya remaja kalo dengerin musik itu sesuai mood. Rawan depresi terjadi kalo awalnya udah dalam kondisi bad mood trus muter lagu yang gak bisa ningkatin mood. Misalnya nih, saat lagi patah hati atau putus cinta, biasanya cenderung dengerin lagu yang mellow dan mendayu-dayu. Ya bukannya malah bangkit, itu biasanya malah terhanyut dalam keterpurukan 😀

Coba deh, kalo misalkan stress putar lagu-lagu ceria yang mengandung banyak aura positif atau setidaknya yang membangkitkan semangat. Dengan begitu kita bisa terhindar dari depresi dini 😀 Lalu musik seperti itu yang seperti apa? Hmm, tiap orang beda selera lah. Kembali pada masing-masing yang menentukan.

Sekian dulu ya, semoga kita bisa terhindar dari depresi :)

Sumbernya dari SANA ———–>> SUMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *