Browser Pengaruhi IQ Penggunanya?

Baru jalan-jalan ke portal berita kok menemukan artikel yang agaknya “kontroversial” menurut saya. Di sana judulnya “IQ Pengguna Internet Explorer Lebih Rendah?”.

Kok bisa gitu? ini beritanya:

TORONTO – Berdasarkan riset sebuah konsultan psikometri Kanada, AptiQuant, pengguna browser Internet Explorer (IE) ternyata memiliki tingkat kecerdasan (IQ) lebih rendah. Wah…?

AptiQuant menawarkan tes IQ online secara cuma-cuma kepada 100 ribu pengguna internet untuk kemudian membandingkan rata-rata skor IQ mereka menurut browser yang digunakan.

Hasil tes itu ternyata menunjukkan bahwa pengguna IE, baik itu versi 6, 7, 8 ataupun 9 memiliki skor IQ lebih rendah dari rata-rata pengguna browser lainnya. Lucunya, pengguna IE versi 9 ternyata memiliki skor IQ lebih rendah dibandingkan pengguna IE versi 8, demikian seperti lansiran TG Daily, Sabtu (30/7/2011).

Pengguna Google Chrome, Firefox dan Safari diklaim memiliki skor IQ lebih tinggi dari rata-rata. Sementara pengguna Camino, Opera dan IE dengan Chrome Frame bahkan memiliki IQ yang jauh lebih tinggi.

Hasil studi ini bisa jadi terkait dengan kemampuan IE yang kurang memenuhi standar web saat ini sehingga kerap menghadapi masalah saat membuka situs yang sebenarnya berfungsi dengan baik di browser lain. Akibatnya, hanya pengguna dengan kompetensi teknik lebih rendah, yang disinyalir juga memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah, yang masih mau bersabar menggunakan IE.

Kendati masih mendominasi pasar, IE secara perlahan mulai kehilangan market share nya dari browser open source seperti Firefox dan Chrome.

“Laporan terakhir tentang tingkat kecerdasan pengguna IE agaknya akan memicu kehebohan,” jelas pihak AptiQuant.

“Mengacu pada hasil studi ini, perusahaan IT di seluruh dunia bisa jadi akan mulai mempertimbangkan kembali waktu dan investasi yang mereka habiskan untul mendukung browser lama,” pungkasnya.
(van)

Sumber + gambar: http://techno.okezone.com/read/2011/07/30/55/486090/iq-pengguna-internet-explorer-lebih-rendah

Hmm, saya sendiri nyaris tidak pernah menggunakan IE kala sedang browsing internet. Lagipula saya juga tidak pernah melakukan test IQ akhir-akhir ini (terakhir masih SMP kelas 2). Jadi saya tidak bisa berkata banyak antara hubungan IQ dengan browser. Kalo ditinjau dari segi fitur ya mungkin bisa sih mempengaruhi IQ, tapi sepertinya perlu diadakan penelitian ulang terkait berita di atas. Kan kita gak mau dianggap “bodoh” atau “pintar” hanya karena menggunakan browser tertentu. Karena menurut saya IQ itu dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk lingkungan kita :)

2 Responses to “Browser Pengaruhi IQ Penggunanya?”

  1. […] sebelumnya ada sebuah penelitian “kontroversial” terkait pengaruh browser dengan IQ penggunanya. Peneliti tersebut menyebutkan bahwa pengguna IE memiliki IQ yang lebih rendah. TAPI ternyata benar […]

  2. […] terkait pengaruh browser dengan IQ penggunanya. Peneliti tersebut menyebutkan bahwa pengguna IE memiliki IQ yang lebih rendah. TAPI ternyata benar bahwa penelitian itu BOHONG alias HOAX. Ini beritanya: CALIFORNIA – […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *