Search Engine berdampak buruk pada ingatan manusia

Search engine sekarang ini udah jadi bahan populer di internet. melalui search engine kita bisa mencari berbagai informasi yang kita butuhkan dengan mudah, cepat, dan kapan saja dibutuhkan. TAPI, sebuah penelitian menyebutkan bahwa search engine juga bisa memperburuk ingatan manusia. Loh kok bisa?

Ini nih beritanya :

BOSTON – Mesin pencari internet seperti Google telah merubah cara otak manusia mengingat informasi, demikian menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Seperti yang dikutip dari Economic Times, Jumat (15/7/2011), studi tersebut mengatakan bahwa banyaknya informasi yang tersedia saat ini di internet membuat orang menjadi mudah lupa, karena komputer saat ini telah menjadi ‘memori eksternal’ mereka.

Para peneliti dari Harvard University dan Columbia University, mengatakan bahwa Google dan situs database seperti Amazon kini telah dijadikan ‘memori eksternal’ oleh manusia, sehingga kemampuan memori dalam sendiri pun jadi kurang terasah.

Studi tersebut juga menyatakan bahwa kini orang lebih suka untuk mengingat hal yang tidak bisa mereka temukan di internet. Selain itu, studi tersebut juga menyebutkan bahwa orang saat ini lebih sulit mengingat hal yang mudah mereka temukan di internet.

“Semenjak hadirnya mesin pencari internet, kita jadi mengubah ulang cara mengingat sesuatu,” ujar Betsy Sparrow, psikolog dari Columbia University.

“Ketergantungan otak kita dengan internet untuk ingatan saat ini, sama besarnya cara otak berketergantungan pada ingatan akan teman dan keluarga,” tambahnya.

Selain itu, penelitian tersebut juga mengungkap bahwa cara mengingat masyarakat saat ini adalah tempat dimana mereka menyimpan informasinya, ketimbang isi dari informasi itu sendiri.

Hasil penelitian ini masuk ke dalam sebuah makalah berjudul ‘Google Effects on Memory: Consequences of Having Information at Our Fingertips’ yang meruapakan rangkuman dari empat uji coba kepada para siswa Harvard University dan Columbia University. Penelitian ini juga diterbitkan dalam jurnal online Science.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2011/07/15/56/480377/56/google-buat-kemampuan-ingatan-memburuk

Sepertinya Google dipilih sebagai objek penelitian karena Google adalah search engine yang paling populer. Kalo dipikir-pikir sih bisa juga ya, dengan mudahnya koneksi internet dan melimpahnya perangkat yang bisa mengakses internet, bisa aja timbul budaya menggantungkan diri dengan internet dalam mencari informasi. Dikit-dikit Google, ada masalah dikit Google. 😀

Mungkin itu juga yang bikin males buat menyimpan sesuatu ke dalam otak kita karena SEARCH ENGINE CAN DO IT. Salah sih enggak, karena di satu sisi internet juga mampu meningkatkan kemampuan otak dalam mencari informasi dengan menjelajahi situs yang satu ke situs yang lain. Kembali lagi pada pepatah “GUNAKAN TEKNOLOGI SECARA BIJAK“. Solusinya, kalo dampak buruknya pada ingatan manusia, mulai sekarang mari kita ingat dan tanamkan pada memori otak kita akan informasi yang kita peroleh dari internet. Kalo udah ada dalam ingatan kita, maka mudah saja kita mengolah informasi tanpa harus mengunjungi Search Engine ya toh?

Semoga bermanfaat buat semua,,terima kasih.

2 Responses to “Search Engine berdampak buruk pada ingatan manusia”

  1. jerry says:

    heeem,,kq ane g setuju yaa gan,,,
    klu menurut anee teknologi yang sekarang ini cukup membantu manusia

  2. Ya kalo dibilang membantu sih membantu banget,cuma kalo saya sendiri lho ya. Kadang ada semacam ketergantungan berlebih sama search engine. Soalnya kan kalo pake search engine kayak Google itu kita bisa dapat informasi secara cepat nah jadinya apa-apa kita pengennya instan. TAPI, tujuannya teknologi kan emang buat mempermudah jadi ya buat saya pribadi gak mempermasalahkan itu. Tergantung menyikapinya :)

    terima kasih udah mampir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *