Deret Fibonacci menggunakan Java

Bismillahirrohmaanirrohiim,,,

Semalem gara-gara jenuh coding untuk image processing akhirnya saya cari pelarian biar otak gak jenuh. Sampailah imajinasi saya pada sebuah bilangan fibonacci. Sebuah bilangan yang bentuknya seperti ini:

1,1,2,3,5,8,13,21, . . . dst

Jadi angka berikutnya didapatkan dengan menjumlah dua bilangan yang berurutan sebelumnya. Sebenarnya ada rumusnya kalo kita lihat di wikipedia tentang bilangan fibonacci, tapi semalam saya mencoba untuk menggunakan keterbatasan imajinasi dan daya nalar saya untuk merangkai bilangan itu sendiri. Berhubung coding pake java, akhirnya ya coba bikin pake java juga biar gak repot.

Setelah kurang lebih setengah jam berkreasi, akhirnya bisa juga program kecil-kecilan ini. Cukup lama untuk kategori algoritma sederhana ini 😀 maklum newbie.

Sebuah class fibonacci berisi perulangan yang akan menampilkan bilangan fibonacci. Kita bisa menentukannya lewat nilai variabel inisialisasi.

Setelah itu, saya buat 3 variabel untuk pemrosesan bilangan,

Lalu lakukan perulangan deret, dan disini saya menggunakan nilai awal 1. Jadi nanti deret dimulai dengan angka 1. Menjadi seperti ini

Kondisi-kondisi percabangan yang dibuat memang ditujukan untuk mengatur deret seperti update variabel, penjumlahan, hingga menampilkan deret. Sebenarnya saya agak susah jelasinnya, jadi mohon maaf jika penjelasan yang ada pada program agak njelimet. Selebihnya bisa donlod file java di bawah ini

Class Fibonacci

Biar bisa dikembangkan lagi dan disebarkan pada khalayak luas 😀

Sekian ya, semoga bermanfaat :)

2 Responses to “Deret Fibonacci menggunakan Java”

  1. rhoss88 says:

    diselesaikan secara rekursif lebih enak kebacanya gan
    [code]
    public static int fibbon(int x){
    if (x<=0 || x<=1){
    return x;
    }else{
    return fibbon(x-2)+fibbon(x-1);
    }
    }
    [/code]

  2. @muse

    wah iyo pisan muse,,,maklum saya pilih hard way 😀

    oke2 sip tambahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *