Menggunakan Free Proxy untuk Surfing Internet Anonymous

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Beberapa waktu lalu saya memiliki masalah dengan koneksi internet di kontrakan pada saat membuka website Teknomuslim.com. Setelah mengetahui website Teknomuslim.com diblok oleh router, akhirnya saya akali dengan melakukan bypass proxy menggunakan Tor Browser sebagai anonymous user dan itu berhasil.

Ternyata akhir-akhir ini saya menemukan solusi baru untuk surfing sebagai anonymous user tanpa harus bypass menggunakan aplikasi Tor Browser. Kita bisa menggunakan IP dari Free Proxy yang tersedia di internet, dan IP itu bisa kita pasang di proxy setting di browser kita.

Pertama kita cari dulu IP dari Free Proxy yang digunakan di internet. Googling adalah metode yang tepat :D tapi di sini saya memakai IP yang ada pada website proxy-list.org. Di website tersebut disediakan banyak IP Proxy yang bisa digunakan baik untuk anonymous proxy, transparent proxy, dan Elite.

Transparent Proxy – IP address can be caught by sever using HTTP_X_FORWARDED_FOR variable, such proxies usually used to increase internet speed and decrease amount of abroad traffic (some internet providers grant their user free local traffic).
Anonymous Proxy – IP address can not be caught by server but server knows that proxy was used during connection. It is very useful to be anonymous surfing in internet .
Elite Proxy – IP address as well as fact that proxy was used during connection can not be caught by server. Best way to hide any information about you presence in internet.

Nah, isikan captcha dulu untuk mengetahui list dari IP Proxy yang ada. Nanti akan muncul daftarnya seperti di bawah:

proxy list

proxy list

Saatnya melakukan konfigurasi pada browser.

Mozilla Firefox

  1. Buka tools, option, lalu advanced. (Terkadang menu option ada di dalam menubar edit.)
  2. Pada tab network buka Setting dan pilih manual proxy configuration.
  3. Copy salah satu IP proxy yang kita dapatkan ke field HTTP Proxy Configuration dan beri centang pada kotak di bawahnya. Jangan lupa sesuaikan port dengan IP nya.
  4. Klik OK

Google Chrome

  1. Buka Setting dan pilih option
  2. Pilih bagian under the hood dan klik change proxy setting pada bagian network.
  3. Berhubung Chrome memakai setingan dari sistem operasi, maka ini akan mempengaruhi koneksi sistem secara keseluruhan. Untuk itu pilih LAN Setting dan beri centang pada proxy server.
  4. isikan IP dan port yang kita pilih.
  5. Klik OK

Saya memilih IP yang tipenya anonymous dan kalo bisa sih yang Indonesia dan Uptime-nya gede. Yaa, segitu dulu ya semoga bermanfaat untuk yang membutuhkan :)