Momentum Pengembangan Diri di Malam Pergantian Tahun

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Pergantian tahun tinggal menghitung hari dan sudah mulai kelihatan hiruk pikuk orang-orang yang bersiap untuk menyambut hari itu, bahkan jauh-jauh hari sebelum hari itu tiba. Adalah kita yang sudah mentradisikan penyambutan tahun baru dengan suka cita dan melakukan hal yang menyenangkan.

inspirasi pengembangan diri

inspirasi pengembangan diri

Saya hanya berpikir sebenarnya apa yang bisa kita rayakan dengan tahun baru sih? Jujur saja saya termasuk orang yang tergolong “rutin” untuk memeriahkan momen ini dan seperti biasa saya menikmatinya. Apalagi tahun baru adalah hari libur nasional, jadi adalah hari dimana kita semalaman bisa begadang untuk bersenang-senang semalam suntuk dan keesokan harinya kita bisa tidur seharian :D.

Daripada sekedar berhura hura dan bersenang-senang saja, saya memiliki alternatif untuk mengisi moment pergantian tahun baru yang untuk saya lebih bermanfaat khususnya untuk pengembangan diri.

 Menulis daftar hasil target kita tahun ini

Kita tentunya memiliki target-target yang ingin kita capai di tahun 2011 ini. Ada banyak contoh, misalkan kita punya target untuk masuk PTN, atau lulus kuliah, bikin karya, dan banyak lagi. Nah, dari target-target tersebut manakah yang sudah dicapai dan manakah yang belum tercapai. Dari situ buat suatu evaluasi mengapa masih ada target yang belum tercapai dan apa saja kendalanya. Nah evaluasi tersebut bisa memberikan gambaran bagaimana kita akan merencanakan ulang target kita di tahun mendatang.

Rancang dan persiapkan targetmu di tahun mendatang

Tak perlu banyak target karena nanti ada kemungkinan akan terbengkalai. Cukup rancang beberapa target terpenting yang harus dicapai. Adanya kemungkinan target bertambah itu bisa dilakukan sambil jalan asal jangan sampai mengganggu target utama kita. Dalam merancangnya, pahami resiko-resiko, hambatan yang mungkin terjadi, dan carilah hal-hal yang bisa mempermudah pencapaian target itu.

Lakukan Self Reading

Self reading di sini maksudnya adalah membaca diri sendiri terutama tentang kepribadian kita. Adalah penting untuk memahami kepribadian diri sendiri karena menurut saya itu adalah bentuk penghormatan yang baik kepada diri ita sendiri. Pahami diri anda sehingga anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan anda. Dari situ anda bisa mengembangkan kelebihan anda tanpa merasa rendah dengan kekurangan anda. Tidak semua orang bisa melakukan ini dengan objektif, tapi berusahalah jujur dengan diri sendiri.

Evaluasi hubungan dengan Allah SWT

Bagaimanakah hubungan kita dengan Sang Pencipta di tahun ini? Tak dapat dipungkiri iman manusia memang naik turun, tapi coba ingat berapa kali kita mendurhakai-Nya dengan tidak melakukan apa yang diperintahkan-Nya. Ini saat yang tepat untuk merenunginya, mungkin butuh waktu khusus untuk melakukannya. Daripada menghabiskan waktu hura-hura di malam tahun baru, coba untuk melakukan dzikir dan sholat malam. Insya Allah itu lebih berkah :)

Evaluasi hubungan dengan sesama.

Sesudah evaluasi hubungan dengan Allah SWT, mari evaluasi diri terhadap orang lain. Mulai dengan keluarga, kerabat, teman dan sahabat. Hilangkan perasaan yang menyebabkan hati sakit seperti iri, dengki, dendam, ataupun benci. Merekapun tak ingin kita memiliki sikap seperti itu, lalu untuk apa kita memendam penyakit hati seperti itu? Jadi mulailah melepas beban-beban itu dengan sikap memahami bahwa sesungguhnya semua manusia dihadapan Allah SWT itu sama, dan perbedaan yang terjadi adalah semata Rahmat Allah SWT semata.

Yaa, saya akui terlalu banyak perencanaan dan evaluasi. Tapi, setidaknya dengan melakukan beberapa hal di atas, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Insya Allah.

“Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin berarti dia merugi. Barang siapa yang hari ini lebih buruk dibandingkan hari kemarin dia celaka. Dan barang siapa yang hari ini lebih baik dibandingkan hari kemarin dialah orang yang beruntung.”

Semoga bermanfaat :)

One Response to “Momentum Pengembangan Diri di Malam Pergantian Tahun”

  1. […] untuk mengisi moment pergantian tahun baru yang untuk saya lebih bermanfaat khususnya untuk pengembangan diri. Menulis daftar hasil target kita tahun […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *