Cinnamon Linux Mint 12 Desktop Sederhana Ala Gnome Shell

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Bagi pengguna Linux Mint tentu sudah familiar dengan desktop yang memiliki tombol menu pada panel di bagian bawah. Tampilannya yang simpel membuat pengguna betah menggunakan desktop ini. Tapi sejak era Gnome 3 datang membawa Unity dan Gnome Shell, teknologi desktop environment mau tidak mau harus ikut berkembang.

Linux Mint mengembangkan MGSE dan MATE sebagai transisi antara Gnome 3 dan Gnome 2. Nah baru-baru ini Linux Mint mengembangkan desktopnya yang bernama “Cinnamon“. Yaa kayu manis ini memadukan kesederhanaan Gnome tradisional dengan Gnome Shell yang cantik. Cinnamon ini tentunya tidak menghilangkan ciri khas desktop Linux Mint itu sendiri.

cinnamon desktop

cinnamon desktop pada Linux Mint 12


Sebelumnya saya menggunakan Gnome Shell untuk Linux Mint 12 saya. Sebenarnya sudah nyaman, tapi ada masalah saat menampilkan window list nya yang agak berantakan. Dan untuk browse application di Gnome Shell ini terasa berat. Nah dua masalah itu akhirnya tertutupi dengan Cinnamon ini. Menu launcher nya memudahkan saya untuk browse aplikasi dan tentunya lebih ringan dari sebelumnya.

Kita bisa melakukan klik pada pojok kiri desktop untuk melihat window list dan tema yang terinstall. Ini adalah salah satu fitur yang ada di Gnome-Shell kan. Jadi untuk menikmati Cinnamon ini, pastikan dulu Linux Mint kita sudah terinstall Gnome Shell. Dan perlu diketahui juga bahwa tema-tema untuk Gnome Shell tidak bisa digunakan di Cinnamon. Kalau dipaksakan nanti pada menu Cinnamon akan berantakan. Tapi, untuk tampilan standarnya juga udah enak dilihat kok.

window list cinnamon desktop

window list cinnamon desktop

Instalasi Cinnamon tidak akan mengganggu desktop lainnya kok, kita bisa memilih jenis desktop waktu login. Cinnamon sendiri masih akan terus dikembangkan agar lebih baik lagi, dan untuk rilis kali ini mungkin masih banyak memiliki bug. Jadi install dengan resiko sendiri ya.

Install Cinnamon di Linux Mint 12

Buka Software Center dan search Cinnamon. Lakukan instalasi pada Cinnamon dan Cinnamon-session

Install Cinnamon di Ubuntu 11.10

install dulu Gnome Shell

sudo apt-get install gnome-shell

Download file deb di sini, download cinnamon dan cinnamon-session

Lakukan instalasi

sudo dpkg -i cinnamon_1.1.2_i386.deb

sudo dpkg -i cinnamon-session_1.0.0_all.deb

Setelah install, lakukan log out lalu login kembali dengan pilihan cinnamon.

Referensi tambahan:

Semoga bermanfaat ya, kalo ada masalah kita bisa diskusi di sini :thumbup

One Response to “Cinnamon Linux Mint 12 Desktop Sederhana Ala Gnome Shell”

  1. […] tentu saja bisa memakai tema ini. Yang belum tahu bisa melihat di artikel saya sebelumnya tentang Cinnamon Linux Mint 12, Desktop sederhana ala Gnome Shell. minty theme cinnamon […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *