WINUSB – Tool Untuk Membuat USB Installer Windows di GNU/Linux

Bismillaahirrohmaanirrohiim

di GNU/Linux, tool untuk membuat installer Windows bisa menggunakan aplikasi UNetbootin. Ada sebuah aplikasi lagi yang memiliki fungsi sama sebagai USB installer yaitu WinUSB. WinUSB ini bisa untuk membuat installer Windows 7 dan Vista. Review yang ada ini tidak bisa digunakan untuk Windows XP, ya mungkin karena ada hubungan dengan rencana penghentian dukungan XP dari Microsoft sendiri.

Anyway, tulisan ini mengulas tentang penggunaan WinUSB di lingkungan Ubuntu dan turunannya, dan ini saya mencoba menggunakan Linux Mint 12.

winusb windows installer

winusb windows installer


INSTALASI WINUSB dan PEMBUATAN WINDOWS INSTALLER USB MEDIA

Untuk install bisa download file .deb di sini –> winusb

Atau via repository PPA menggunakan terminal atau dengan Y PPA Manager

sudo add-apt-repository ppa:colingille/freshlight
sudo apt-get update
sudo apt-get install winusb

Yang ingin mendapatkan source file bisa mengunjungi hompage winusb

Untuk pembuatan Windows Installer, pastikan anda memiliki Flashdisk yang cukup besar minimal 4GB. Tancapkan pada port USB yang sudah ada, lalu jalankan aplikasi Winusb. Browse file iso dari Windows 7 atau Vista yang anda miliki, atau bisa juga menggunakan media DVD yang ada di source file. Setelah itu tentukan target device anda, pastikan itu device yang benar karena kita gak ingin salah install kan. Mulai pembuatan dengan klik “Install”.

Saya sudah mencoba dengan menggunakan Linux Mint 12. Kebetulan ada teman yang meminta install Windows jadi untuk momen yang tepat akhirnya saya terapkan cara ini dan berhasil kok. Proses pembuatannya sekitar 10 menit saja kok.

Selamat mencoba :thumbup:

Semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.webupd8.org/2012/01/tool-to-create-windows-usb-install.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *