Beam Toothbrush: Sikat Gigi Canggih dengan Teknologi Bluetooth dan Sensor

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Jaman canggih begini kebanyakan alat sudah saling bisa terkoneksi. Kehadiran smartphone menjadi trendsetter bagaimana teknologi lain dikembangkan. Mulai dari smartphone berbentuk mobil, smart watch, sampai Fujitsu Lifebook 2013 juga tidak mau ketinggalan. Nah uniknya teknologi ini adalah sikat gigi yang diberi teknologi bluetooth dan bisa terhubung dengan smartphone kita. Mereka menyebutnya BEAM TOOTHBRUSH atau kalau dibahasa Indonesiakan berarti Sikat Gigi Menyala atau apalah itu namanya. Di sini saya menyebutnya Beam Toothbrush saja.

beam toothbrush

beam toothbrush

Beam toothbrush dilengkapi sensor yang bisa memeriksa kesehatan gigi sekaligus memonitor kebiasaan menyikat gigi kita. Sensor tersebut bisa terhubung dengan suatu aplikasi yang sudah tersedia yang nantinya data hasil sensor akan diolah dan nantinya akan menawarkan perbaikan cara untuk menyikat gigi.

aplikasi beam toothbrush di smartphone

aplikasi beam toothbrush di smartphone

aplikasi beam toothbrush di smartphone

aplikasi beam toothbrush di smartphone

Sensor akan aktif setelah sikat gigi menyentuh mulut, sinkronisasi waktu dengan aplikasi akan dilakukan untuk menunjukkan berapa lama pengguna menyikat giginya. Jangka waktu ini akan direkam dan pengguna bisa menggunakan data waktu itu untuk dikonsultasikan kepada dokter gigi guna peningkatan cara perawatan gigi.

data dari sensor beam toothbrush

data dari sensor beam toothbrush

Versi terakhir dari aplikasi ini akan mendeteksi berapa lama pengguna menyikat di area tertentu dan akan memainkan musik saat pengguna menyikat giginya.Rencananya dari pengembang akan menambahkan unsur semacam permainan penghargaan bagi pengguna yang memiliki kebiasaan menyikat giginya dengan baik. Ini bisa berguna kepada para orang tua yang ingin memonitor kebiasaan sikat gigi anak-anaknya.

timer aplikasi beam toothbrush

timer aplikasi beam toothbrush

aplikasi beam toothbrush

aplikasi beam toothbrush

Rencananya sikat gigi ini akan dilempar ke pasaran sekitar Maret dengan kisaran harga 50 USD dan pergantian kepala sikat dengan 3 USD. Apa sikat ini juga dipasarkan di Indonesia ya?

packing beam toothbrush

packing beam toothbrush

Referensi dan gambar sumbernya dari sini:

http://www.gizmag.com/beam-toothbrush-bluetooth/21489/

2 Responses to “Beam Toothbrush: Sikat Gigi Canggih dengan Teknologi Bluetooth dan Sensor”

  1. agam says:

    widih ngeri ada Bluetooth n Sensor 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *