Selamatkan Ide Sebelum Menghilang

Bismillaahirrohmaanirrohiim

ide

ide

Ide itu adalah buah pemikiran yang datangnya bisa secara tiba-tiba atau bisa melalui proses penalaran dan berpikir. Dalam dunia kreativitas, ide adalah salah satu aspek yang penting. Ide tumbuh menjadi proses realisasi ide dan akhirnya tumbuh menjadi produk hasil ide. Yaa itu sedikit filosofi ide yang muncul di otak saya dan kali ini saya akan membahas ide itu sendiri.

Kalo saya boleh bilang ide itu liar. Ide bisa datang dengan cepat dan bisa juga menghilang dengan cepat. Saya sering mengalami itu khususnya di bidang-bidang yang saya tekuni seperti tulis menulis, musik, bahkan di dunia IT. Suatu saat ide cemerlang yang saya tunggu-tunggu datang mencerahkan kehidupan saya lalu saat saya lengah sedikit ide itu hilang dengan jayanya. Benar-benar harus dijinakkan ๐Ÿ˜€

BLOGGING dan DUNIA TULIS MENULIS

Aktivitas blogging masih setahun ini saya jalani. Paling lama ya di blog Khatulistiwa, lalu bikin website lagi di Tekno Muslim. Tapi saya mulai aktif menulis sejak kelas 2 SMP, mulai dari cerpen sampe bikin novel. Dulu ide adalah hal yang biasa lalu lalang di otak saya, tapi dengan mudahnya bisa menerjemahkan ide itu menjadi sebuah tulisan. Tapi sekarang saat ide cemerlang datang, yang terjadi adalah blank saat menuangkan ide itu jadi sebuah tulisan. Alhasil novel saya terbengkalai sampai sekarang.

Sama halnya dengan blogging, kadang saya merasa bahwa bikin post di blog adalah suatu kewajiban jika ingin blog tetap eksis. Saat ide tidak muncul saya berjuang keras mencari inspirasi biar ide itu muncul. Tapi begitu mau posting hasilnya adalah bengong dengan jaya di depan blog. Sepertinya jeda waktu antara munculnya ide dengan penuangan idenya itu berpengaruh. Kalau kita lengah di jeda waktu tersebut, ide bisa saja menghilang.

SELAMATKAN dan JINAKKAN IDEMU

Kalau anda menganggap ide adalah hal penting bagi anda, maka jinakkan ide itu agar anda bisa menyelamatkan ide anda. Terdengar lebay ya ๐Ÿ˜€ Saya sendiri memang sedikit bermasalah dengan manajemen ide. Dulu ide itu mudah tertuang karena pikiran masih belum kompleks sekarang ini. Kalo sekarang muncul ide, lalu beberapa saat kemudian muncul berbagai macam pikiran lain yang membebani ide sehingga ide bisa cepat hilang.

Solusi saya adalah saat saya mempunyai ide khususnya untuk bahan tulisan, saya segera MENULISKAN IDE tersebut dalam sebuah buku catatan kecil yang saya bawa. Saya membiasakan ini dengan membawa buku saku kemanapun saya pergi. Tak perlu ragu menuliskan semua ide yang terlintas, karena kita tidak pernah tahu kapan ide itu pergi. Tapi misalkan anda punya ingatan kuat, mungkin tidak harus mencatat ide itu.

Setelah menuliskan ide, selanjutnya adalah MEREALISASIKAN IDE tersebut. Ide untuk posting blog, ya harus segera diwujudkan dengan menulis postingan sesuai ide itu. Misalkan terjadi blank mendadak toh kita bisa mencoba lain waktu dan ide tidak hilang karena sudah ada di catatan. Mudah kan? ๐Ÿ˜€

kesimpulan:

ide –> wujudkan

ide –> catat –>wujudkan

ide –> catat –> wujudkan –> blank –> coba lagi

Semoga tulisan ruwet ini bermanfaat ya ๐Ÿ˜€

repost dari :ย http://blog.uin-malang.ac.id/didikz/2012/01/18/selamatkan-ide-sebelum-menghilang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *