Universal Earphones: Earphones dengan Deteksi Penempatan Telinga Kanan dan Kiri

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Sekali lagi di kesempatan ini saya akan berbagi tentang sebuah teknologi baru. Ini teknologi yang dikembangkan untuk earphones atau kita biasa menyebutnya dengan headset. Di luar perbedaan istilah itu kali ini kita sepakat menyebutnya dengan “earphones” saja biar sesuai judul 😀

Earphones itu terdiri dari dua channel yaitu terbagi untuk telinga kiri dan kanan. Lazimnya pada earphones kita bisa menemukan tanda bahwa channel itu untuk telinga kiri atau telinga kanan. Tanda bisa berupa huruf “L” untuk telinga kiri dan “R” untuk telinga kanan. Ini mungkin masalah sepele tapi penempatan channel ini bisa mempengaruhi user experience saat mendengarkan musik, video, atau film. Karena suara yang dikirimkan dari file audio hingga sampai pada masing-masing channel itu berbeda, jadi penempatan channel dengan benar diharapkan user bisa mendapatkan komposisi suara yang “pas” pada telinga.

universal earphones

universal earphones


Nah, Igarashi Design Interfaces Project di Tokyo mendesain earphones dengan tambahan sensor untuk mengetahui earphones itu sudah berada pada telinga yang benar atau tidak. Namanya adalah Universal Earphones. Cara kerjanya adalah, sensor yang ditempatkan pada ujung channel akan mendeteksi kontur telinga. Dari kontur tersebut akan diketahui channel tersebut ditelinga kanan atau kiri. Jika channel tersebut tidak sesuai dengan posisi telinga yang diharapkan, maka jalan audio dari sumber akan ditukar sesuai dengan posisi telinga yang sesuai. Jadi kita tidak perlu lagi memindahkan earphones ke telinga yang tepat karena Universal Earphones secara otomatis menukar aliran audio-nya.

Konsepnya sederhana ya, mirip-mirip konsep dari teknologi dual sisi perangkat usb yang juga jadi salah satu solusi dalam “pertukaran sisi”. Tentunya ini masih dalam tahap riset, dan semoga saja ke depannya bisa bermanfaat di dunia teknologi earphones.

Apakah cukup menginspirasi untuk berinovasi? :thumbup

Sumber dari sini: http://www.gizmag.com/universal-earphones-earbuds-left-right-channel/21331/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *