Pebble – Smartwatch Canggih Berhati Linux

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Saya pernah menuliskan artikel tentang Sony smartwatch beberapa waktu yang lalu. Kali ini masih berbicara tentang smartwatch dan smartwatch ini memiliki nama Pebble.

pebble smartwatch

Konsepnya masih tidak jauh beda dengan smartwatch milik Sony, yaitu kemampuannya untuk terhubung dengan smartphone, Android, atau iPhone melalui koneksi bluetooth.  Bisa memberikan notifikasi panggilan, email, sms, dan hal penting lainnya melalui getaran. Tak hanya itu smartwatch ini juga bisa menjalankan aplikasi-aplikasi lainnya. Misalkan aplikasi untuk mengakses GPS yang ada di smartphone,  aplikasi pengontrol musik, dan banyak lagi.

pebble smartwatch

Aplikasi-aplikasi Pebble tersedia dalam Pebble watch app store dan kita bisa mendownloadnya melalui smartphone dan dimuat ke dalam smartwatch melalui koneksi bluetooth. Cerdas bukan?

pebble smartwatch

pebble smartwatch

Oke, saatnya untuk melihat spesifikasinya.

Display: Resolusi 144 x 168 pixel

ConnectivityBluetooth 2.1+ EDR, 3 axis accelerometer with gesture detection, Vibrating motor

UI and Appearance4 buttons, Replaceable wrist bands, waterproof, scratch-resistant. Back light to view in dark.

Notifications: Pebbles bisa memunculkan notifikasi email, panggilan masuk, twitter, peringatan kalender, Facebook, peringatan cuaca, alarm, timer, dan sebagainya. Kita dapat melakukan kostumisasi notifikasi apa saja yang kita inginkan. Selanjutnya kita bisa menghentikan notifikasi dengan menggoncangkan smartwatch yang kita pakai.

Battery Life & Charging: Bisa sampai 7 hari dan USB charger sudah disediakan.

Tim pengembang dari smartwatch ini menggunakan XUBUNTU untuk mengembangkan sekaligus debugging aplikasi tersebut. Ini yang saya sebut bahwa Pebble smartwatch ini berhati Linux 😀 Selain itu mereka juga menggunakan open surce software untuk mendukung pengembangannya seperti CodeSourcery GCC, OpenOCD, Gimp dan ImageMagick. Ini bisa menjadi referensi bahwa dengan aplikasi open source pun kita bisa membuat suatu teknologi yang canggih dan bermanfaat seperti Pebble Smartwatch ini.

Official website untuk Pebble Smartwatch ada di http://www.getpebble.com/

Semoga bermanfaat ya :)

Sumbernya : http://www.unixmen.com/pebble-the-smartwatch-with-linux-at-its-heart/

2 Responses to “Pebble – Smartwatch Canggih Berhati Linux”

  1. Jam tangannya keren…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *