Blogging Bukan Sekedar Menulis Sesuatu

Bismillaahirrohmaanirrohiim

ilustrasi: http://customercollege.com/business-blog/

Pada kesempatan yang lalu atau tepatnya “dahulu” sekali, saya pernah membahas tentang aktivitas blogging sebagai media pengembangan diri. Untuk lebih jelasnya silahkan dibaca melalui link tersebut. Oke, kembali ke topik seperti judul yang sudah tertera di atas. Blogging itu ternyata bukan hanya sekedar menuliskan sesuatu. Sepanjang yang saya pahami, blogging juga melatih kedewasaan berpikir tentang apa yang kita tuliskan. Pahamilah bahwa blog merupakan media sosial yang bisa diakses oleh siapa saja yang terhubung dengan internet, dan seketika itu akan ada orang-orang yang mengetahui apa yang kita tulis atau sajikan dalam blog.

Dari blog pun orang dapat mengetahui sekilas tentang diri kita, ya walaupun tidak semua tentang diri kita apalagi jika blog itu berisikan tentang setiap jengkal cerita kehidupan kita dari yang pahit, manis, asam, dan sebagainya. Butuh kreatifitas memang untuk mengolah itu semua menjadi sebuah tulisan di blog karena seringkali kita mentok sampai draft yang akhirnya gak jadi publish. Nah, yang jadi pikiran saya adalah apakah tulisan saya sudah di jalan yang benar? Maksudnya sudahkah memberi manfaat pada orang lain? Apakah tulisan saya tidak menyinggung pihak lain? Apakah tulisan saya sebenarnya adalah tulisan hampa tak bermakna?

Akhirnya sampailah pada pemikiran bahwa untuk blogging itu butuh pertimbangan. Tidak serta merta asal nulis karena adanya pertimbangan di atas. Blog milik kita adalah hak kita yang berarti sebenarnya kita bebas mau posting apa saja di sana. Seperti ungkapan,

blog, blog saya, terserah donk mau nulis apa

Yup, itu pendapat yang sah kok. Adalah hak kita untuk posting apa saja di sana sebebas-bebasnya. Tapi akhirnya toh saya menyadari bahwa hak itu tidak sebebas yang saya duga sebelumnya. Masih ada hak orang lain yang berkunjung ke blog kita. Hak apakah itu? Yaa hak untuk memperoleh informasi, hak untuk mendapat hiburan, serta tak lupa hak untuk membaca tulisan yang layak baca. Layak baca di sini maksud saya tidak mengandung menjelek-jelekkan SARA, kata-kata kasar, hina-hinaan, atau apalah yang tidak etis.

Jadi singkatnya, berpikirlah sebelum menulis sesuatu, dan bijaklah sebelum posting sesuatu. Bisa jadi apa yang kita posting justru merendahkan diri kita atau bahkan orang lain. Untuk itu, terbukalah dengan kritik. Jika ada pengunjung yang menyampaikan kritikan, saran, atau masukan tentang konten blog ya sikapi dengan baik. Selanjutnya tetaplah menulis, karena pengalaman itu adalah guru berharga.

Semoga bermanfaat :)

5 Responses to “Blogging Bukan Sekedar Menulis Sesuatu”

  1. Didik says:

    nah di atas saya ini yang biasanya nulis dengan hati 😀

  2. […] bermanfaat respost dari: http://teknomuslim.com/2012/07/blogging-bukan-sekedar-menulis-sesuatu/ Tulisan Terkait to Blogging Bukan Sekedar MenulisBlogging sebagai media pengembangan diriKetika […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *