Tips mengatasi JDK reference problem Netbeans antara Windows dengan GNU/Linux

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Saya adalah pengguna dual-boot antara Windows 7 dan Ubuntu, sementara Java bisa berjalan di kedua platform tersebut. Singkat cerita proyek skripsi saya menggunakan pemrograman java sehingga otomatis saya membutuhkan Java Development Kit (JDK) baik di Windows atau Ubuntu karena dengan begitu membuat saya tidak mengalami ketergantungan pada salah satu platform.

Apa Masalahnya?

Awalnya saya menggunakan JDK 7 untuk Windows dan OpenJDK 7 untuk Ubuntu. Yang terjadi kemudian terjadi masalah pada penamaan library JDK sehingga selalu mengatur penyesuaian library JDK pada saat pengerjaan berganti dari Windows ke Ubuntu atau sebaliknya. Untuk melihatnya, klik kanan pada project yang digunakan > properties.

project properties

Hanya berbeda penamaan saja membuat saya harus melakukan penyesuain terus menerus. Jadi masalahnya platform JDK Windows bernama JDK 1.7 sedangkan di Ubuntu JDK_1.7 sehingga menyebabkan error reference problem pada project terkait. Awalnya saya mencoba untuk menggunakan JDK keluaran Oracle yang serupa dengan JDK pada Windows. Lengkapnya bisa dibaca pada Instalasi JDK 7 Oracle pada Ubuntu 12.04, dan ternyata permasalahan itu belum berakhir.

Solusi: Mengganti nama platform JDK pada Netbeans

Setelah cukup lelah dengan apa yang terjadi dengan reference problem ini. Saya coba untuk menyamakan penamaan platform JDK agar tidak terjadi kesalahan pembacaan library JDK oleh Netbeans. Penyesuaian ini bisa dilakukan pada salah satu Windows atau Ubuntu. Saya di sini melakukan penyesuaian pada Netbeans di Windows. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka properties pada project yang digunakan, pilih bagian Libraries lalu pilih Manage Platforms

properties libraries netbeans

2. Pada window Java Platform Manager pilih Add Platform . . .

add platform manager netbeans

3. Selanjutnya muncul window konfigurasi Add Java Platform, browse direktori JDK yang telah kita install. Biasanya ada pada C:\Program Files\Java. Pilih JDK versi 7lalu klik Next.

add java platform netbeans

4. Kemudian pada Platform Name beri nama yang sesuai dengan nama platform JDK 7 pada Ubuntu. Dalam kasus ini, nama platform JDK 7 pada Netbeans di Ubuntu adalah JDK_1.7 sehingga pada Windows saya beri nama JDK_1.7 juga.

add platform name netbeans

Gunakan platform baru tersebut sebagai library JDK project. Dengan begitu saat berpindah-pindah dari Windows atau Ubuntu tidak ada masalah error reference problem lagi.

Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *