Trik Menyembunyikan Launcher Unity Ubuntu 12.04

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Bosan dengan keberadaan launcher yang mungkin “mengganggu” di sisi kiri desktop unity pada Ubuntu 12.04? Tenang saja, kita bisa melakukan beberapa trik untuk menyembunyikannya atau menonaktifkannya tanpa harus membuang launcher itu sepenuhnya. Dalam arti walau launcher tidak tampak kita masih bisa menggunakan dash dengan tombol super (logo Windows) pada keyboard.

unity launcher

unity launcher ubuntu 12.04

Fitur Auto-hide Launcher

Agar window pada desktop bisa tampil full screen tanpa harus terpotong dengan keberadaan launcher, kita bisa mengaktifkan fitur auto-hide pada launcher. Cara yang paling sederhana adalah buka dash > ketik appearance

unity dash appearance

unity dash appearance

Atau bisa juga diakses melalui klik kanan desktop > Change desktop background. Pada tab behavior di sana kita dapat melihat beberapa opsi untuk launcher. Aktifkan fitur auto-hide launcher dengan merubah Auto-hide the launcher menjadi on.

launcher appearance unity

launcher appearance unity

Reveal location menandakan lokasi tempat kita ingin memunculkan launcher. left side berarti launcher muncul jika kursor kita arahkan ke sisi kiri desktop, sedangkan top left corner untuk mengaktifkan launcher di sisi kiri atas.

Nonaktifkan Kemunculan Launcher

Jika launcher masih bisa muncul saat kita mengarahkan kursor ke sisi kiri desktop, adakalanya kita terganggu dengan kemunculannya saat kursor tidak sengaja berada di sisi tersebut. Atau bisa jadi kita sudah menggunakan launcher lain seperti Cairo dock atau AWN dock sehingga tidak memerlukan launcher lagi sebagai pengakses aplikasi.

Solusinya, pada tab behavior window appearance tadi geser slider Reveal sensitivity menjadi low. Dengan begitu launcher tidak akan muncul ketika kursor ada di sisi yang seharusnya tempat memunculkan launcher.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *