Istiqomah Mengasah Kemampuan Diri

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Sadar atau tidak kemampuan yang sudah mulai kita miliki jika tidak kita asah secara terus menerus maka kemampuan itu akan menurun atau bahkan hilang! Apa ada yang mengalami hal ini? Saya mulai merasakan salah satu kemampuan menulis saya berkurang! Dulu saya bisa nulis di blog dengan jumlah postingan yang lumayan tiap bulannya, lalu setelah vakum beberapa bulan seringkali kehabisan ide sebelum menulis dan sekali menulis biasanya berakhir di “tempat sampah”.

Itulah mengapa seorang musisi selalu berlatih walaupun sudah memasuki tahap mahir untuk menjaga kemampuan musiknya agar berkembang. Itulah mengapa seorang pemain sepak bola setiap hari selalu berlatih untuk menjaga performa fisik dan kemampuannya. Itulah mengapa seorang hafidz selalu melakukan murojaah atas hapalannya untuk menjaga hapalannya tidak hilang. Maka sebenarnya jika kita ingin menekuni sesuatu, istiqomah adalah jalannya. Berat di awal memang, tapi setelah terbiasa maka akan menjadi sesuatu yang mudah,

Tantangannya adalah . . .

1. Sifat Moody

Yang memiliki sifat moody biasanya mood naik turun secara fluktuatif. Bisa saja hari ini mood untuk melakukan sesuatu sedang naik dan bisa jadi mood turun detik itu juga. Ini jelas jadi tantangan besar bagi diri sendiri karena kita harus bisa mengendalikan sifat moody itu agar bisa selalu istiqomah dalam menekuni sesuatu.

2. Teralihkan oleh kegiatan lain

Kegiatan lain bisa saja mengalihkan kita untuk istiqomah di jalan menekuni kemampuan diri. Bisa karena tuntutan yang mengharuskan kita menyelesaikan pekerjaan lain hingga kita tidak ada waktu untuk mengasah kemampuan, apalagi jika bidang yang kita tekuni benar-benar membutuhkan waktu khusus. Jadi kita harus benar-benar melakukan management waktu agar apa yang kita tekuni bisa tetap diasah.

Jadi sudah istiqomahkah kita untuk mengasah kemampuan diri kita? Btw, sudah tau kemampuan diri kita apa? 😀

Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *