Sudahkah Kita Menyiapkan Diri untuk Kecewa?

Bismillaahirrohmaanirrohiim

danbo kecewa

Pernah merasa kecewa pada sejarah kehidupanmu? Jika iya maka tenang saja itu normal kok karena hidup memang tak selamanya terjadi sesuai dengan keinginan kita karena ada Yang Maha Berkuasa. Rasa kecewa sepertinya memang seringkali tidak bisa kita hindari tapi yang terjadi adalah kita juga seringkali tidak siap untuk kecewa dan akhirnya kita terlarut terlalu lama dengan rasa kecewa.

Kita harus menyiapkan diri untuk kecewa. Lhoh kok gitu? Ya sama dengan sedia payung sebelum hujan bukan berarti kita berharap hujan turun lantas membasahi kita, menyiapkan diri untuk kecewa adalah suatu tindakan preventif jika kita benar-benar harus kecewa. Setidaknya ada beberapa hal kenapa harus menyiapkan diri, diantaranya:

  1. Setiap pilihan selalu memiliki resiko dan konsekuensi dan bisa jadi kita memilih sesuatu yang hasil akhirnya bukan sesuatu yg kita inginkan.
  2. Allah memiliki hak penuh untuk mengatur segalanya termasuk apa yang harus kita terima.
  3. Manusia memiliki perasaan :D

Dengan menyiapkan diri untuk kecewa kita berarti menyiapkan diri untuk melakukan antisipasi dalam mengatasi rasa kecewa itu. Menyusun rencana agar ketika kecewa benar-benar datang kita tahu kemana harus move on. Optimis memang harus tetap dijaga, tapi tindakan preventif harus selalu disiapkan. Bukankah lebih baik menyusun rencana sebelum kecewa daripada saat kecewa yang seringkali membuat kita sulit berpikir?

Penuhilah setiap hidupmu dengan perjuangan, doa, dan berserah diri kepada Ilahi. Kita bukan Tuhan yang mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan kita, maka siapkan dirimu sekarang. Untuk apa? Siapkan dirimu untuk sukses dan juga siapkan dirimu untuk bisa menerima kekecewaan :)

Semoga bermanfaat sob :)