Cara Mengetahui Informasi Hardware PC di Ubuntu

ubuntu-logo

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Tulisan saya ini pernah dimuat di Bisakomputer, dan kali ini saya coba bagikan kembali di blog saya ini. Kali ini tentang cara mengetahui informasi hardware PC/laptop di sistem operasi Ubuntu. Ubuntu yang saya gunakan dalam tulisan ini adalah Ubuntu 12.04 32-bit. Apa saja caranya? Yuk disimak.

1. Hardinfo

Hardinfo merupakan salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan informasi hardware komputer. Selain menampilkan informasi lengkap seperti sistem,device, dan network. Jika belum terpasang pada sistem, lakukan instalasi menggunakan perintah berikut:

Setelah instalasi selesai buka dash pada launcher lalu ketikkan keyword system profiler and benchmark, kemudian pilih aplikasi tersebut.

system profiler

Anda dapat melihat sebuah jendela yang berisi banyak informasi terkait hardware Anda. Pilihlah salah satu informasi hardware yang Anda inginkan untuk melihat detail yang nantinya akan muncul di panel sebelah kanan.

hardware summary

Jika informasi belum muncul, klik refresh agar sistem memuat ulang informasi hardware. Yang menarik adalah aplikasi ini memiliki fitur benchmark yang dapat Anda gunakan untuk menguji ketahanan dan ketangguhan komputer Anda. Fitur benchmark yang tersedia dapat Anda lihat di bagian benchmark.

benchmark hardware

Saat proses benchmark mungkin komputer Anda mengalami hang sejenak, tapi tidak usah khawatir karena proses benchmark tidak akan berlangsung lama.

2. lshw

Aplikasi alternatif untuk melihat informasi hardware adalah menggunakan lshw. Aplikasi ini tersedia dalam mode command line interface (cli) serta berbasis graphical user interface (GUI). Lakukan instalasi untuk mode cli terlebih dahulu dengan perintah:

Kemudian untuk mode gui dengan perintah:

Salah satu perintah yang digunakan untuk mengetahui informasi hardware menggunakan lshw adalah:

atau jika kita ingin membuat report tentang informasi hardware berupa file html, perintahnya adalah:

Silahkan ganti bagian report_name dengan nama file yang Anda inginkan. File html yang kita buat tadi dapat kita buka melalui browser biasa.

html info

Kesulitan dengan mode cli? Tenang saja, di atas tadi kita sudah melakukan intalasi untuk versi gui. Buka dash lalu ketikkan keyword hardware listener dan pilih aplikasi tersebut.

hardware listener

Untuk melihat informasi secara lengkap, Anda dapat melakukan double klik pada bagianpanel hardware. Ketika bagian tersebut memiliki cabang lagi, maka akan muncul informasi lanjutan di panel sebelahnya.

lshw detail

Jika informasi tidak muncul, cobalah tekan tombol refresh agar informasi dapat dimuat ulang. Kemudian, sama dengan mode cli tadi, kita dapat membuat report tentanghardware dengan menggunakan toolbar Save. Anda dapat memilih format file apa saja yang dapat digunakan untuk membuat report pada jendela penyimpanan.

Dibandingkan dengan hardinfolshw mampu menampilkan detail yang lebih banyak namun tidak dilengkapi dengan fasilitas benchmark seperti pada hardinfo.

Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *