Tubuhmu itu Sudah Luar Biasa, Bersyukurlah

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Surat Ar Rahman ayat 21

 Artinya: “Maka nikmat Tuhan mana yang kau dustakan?”

Saya beberapa waktu sempat merenungi sesuatu tentang tubuh saya sendiri. Ini bermula ketika entah ada pikiran apa saya tiba-tiba ingin melihat proses pembelahan sel seperti mitosis dan meiosis. Saya mengamati proses itu melalui Youtube dan Masya Allah menakjubkan. Betapa proses itu sungguh rapi dan sistematis, walau sel merupakan hal kecil untuk tubuh kita. Di sini saya tidak menjelaskan detail proses pembelahan sel, tapi coba lihat renungkan apa yang bisa kita ambil pelajaran dari hal tersebut?

Tubuh Kita Sangat Canggih

Iya benar, sangat sanggih. Struktur tubuh kita dipenuhi dengan hal-hal luar biasa yang seringkali hal-hal itu seringkali tidak kita perhatikan. Proses pembelahan sel tadi misalnya. Belum lagi hal-hal lain seperti luar biasanya “blue print” tubuh dalam wujud DNA, sistem pencernaan, sistem peredaran darah, luar biasanya otak, keberadaan sistem panca indera, dan sangat banyak lagi karena tidak bisa saya sebutkan satu-satu.

Setiap sistem itu berjalan sesuai fungsinya masing-masing, saling berkaitan dan bersinergi dengan satu sama lain seperti yang sudah Allah tetapkan. Jika ada salah satu yang mengalami malfungsi, maka sistem lainnya akan terpengaruhi. Semua bekerja non stop dan tanpa perlu kita atur sendiri bagaimana sisten itu bekerja karena sudah otomatis. Coba bayangkan betapa ruwetnya jika kita harus menentukan sendiri sistem itu berjalan. Misalkan betapa ruwetnya jika kita harus menentukan berapa kali detak jantung yang kita butuhkan untuk mengalirkan beberapa liter darah dan daerah mana saja yang harus menerima pasokan darah pada hari itu saja. Apalagi jika seluruh sistem tubuh, tentu hidup pun kita tidak akan sanggup.

Masya Allah, kecanggihan tubuh kita tidak dapat tertandingi. Tubuh kita adalah Mahakarya Ilahi. Sehebat apapun manusia, saya yakin kecanggihan ini tidak akan tertandingi. Bahkan robot canggih pun terinspirasi dari kecanggihan tubuh manusia. Lihatlah, tubuhmu itu sudah luar biasa bukan?

Manusia Pengeluh

Lalu sering kita mengeluhkan bahwa Allah tidak adil, Allah tidak sayang dengan kita, Allah tidak mengabulkan doa kita. Huh, sungguh pendek sekali pikiran itu. Kita seringkali lupa betapa Rahmat Allah sudah kita dapatkan. Bagaimana? Pikirkan, apakah kita menghirup membayar untuk setiap hirupan oksigen dalam setiap nafas kita? Apakah kita mengatur detak jantung secara manual? apakah kita menentukan sendiri berapa banyak sel yang harus kita belah untuk pertumbuhan tubuh kita? Tidak, tidak, kita tidak melakukan itu semua. Lalu pertanyaan terakhir, apa kita masih hidup? Sungguh Allah masih sayang dengan kita sob, kita hanya manusia pengeluh yang sering lupa dengan nikmat itu.

Saya sempat berpikir bahwa masalah yang kita hadapi sehari-hari tak lebih ruwet dengan proses mitosis. Ya, Allah Maha Mengetahui atas apa yang diciptakan-Nya. Dia tidak akan memberikan sesuatu yang diluar batas kemampuan kita. Kita lebih mampu menangani problema hidup ketimbang melakukan pembelahan mitosis secara manual!. Bersyukurlah!

Tulisan ini semoga bisa menjadi pengingat buat saya sendiri dan buat teman-teman yang membaca. Semoga bisa memberikan manfaat :)

Tubuhmu itu sudah luar biasa, bersyukurlah :)

Credit to: http://www.alquran-indonesia.com/web

3 Responses to “Tubuhmu itu Sudah Luar Biasa, Bersyukurlah”

  1. Nina Candra says:

    Aduh ini jleb banget tulisannya…. Sadar atau Tanpa sadar sih emang kita masih sering ngeluh dan ujung-ujungnya merasa kurang bersyukur sama apa yang udah dikasih Tuhan.. :(

    • Didik says:

      Ngeluh itu boleh sama Tuhan, tapi bentuk keluhannya berupa doa :)
      bersyukur itu juga perlu latihan dan pembiasaan kok, perubahan besar dimulai dari perubahan kecil. Pelan-pelan tapi pasti semoga kita bisa menjadi insan yang terbaik.

      Makasih sekali lagi tanggapannya :)

  2. […] Kita manusia terasa sangat kecil sekali di alam semesta ini, apalagi di hadapan Sang Maha Pencipta? Tengok saja tubuh kita yang luar biasa ini, luar biasa karena ada banyak hal yang bahkan tak sanggup kita kendalikan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *