Akibat Sedekah Yang Ditunda

ilustrasi sedekah

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Kita sudah sering baca atau tahu bahwa sedekah itu bisa membuat bertambahnya rejeki dan keberkahan hidup. Nah, apa jadinya jika kita yang sudah membiasakan diri untuk bersedekah lalu kemudian menunda-nunda diri untuk mengeluarkan sedekah tanpa ada udzur? Ini pengalaman saya ketika ada niat untuk bersedekah namun ditunda-tunda untuk waktu yang lama.

Adalah sampai pada suatu masa saya memiliki cukup atau bahkan lebih dana untuk bisa disedekahkan. Niat bersedakah sudah besar tapi aksi yang nol besar.

“Ah, nanti sajalah masih ada waktu”

Sebuah alasan yang kerap saya gunakan baik secara sadar atau tidak dan pada akhirnya sedekah tertahan dengan tidak perlunya. Efeknya apa ketika ditunda seperti itu? Salah satunya adalah uang yang terbuang percuma seakan-akan harta itu ngambek dan pergi tanpa kita inginkan gara-gara di PHP in buat disedekahkan. Biasanya berupa pengeluaran tak terduga yang tidak pernah kita inginkan untuk terjadi. Contohnya saja ketika uang tiket kereta yang hangus karena tiba-tiba jadwal keberangkatan harus diundur sehingga saya beli tiket lagi dengan harga jauh lebih mahal dari tiket sebelumnya. Sayang banget kan?

Dan sepertinya ada beberapa pengeluaran tidak perlu lainnya yang saya lupa untuk bisa disebutkan di sini. Pada intinya ini saya anggap sebagai teguran bahwa kita sebaiknya tidak menunda amal baik selagi masih mampu. Sedekah misalnya, jika ada niat, ada rezeki yang ingin dibagi, ada kesempatan untuk melakukannya, langsung eksekusi saja.

Dulu saya juga pernah membagikan sebuah kisah tentang bagaimana kejaiban kecil tentang niat sedekah. Jadi ada yang punya pengalaman seru tentang sedekah? Yuk bisa dibagikan di kolom komentar :)

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *