Mengunggah Laravel 4 ke Server Online

laravel

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Hari ini agenda saya melakukan upload hasil PDKT saya dengan Laravel 4 di server online. Setelah upload ke server selesai dan melakukan konfigrasi database pada app/config/database.php, ternyata aplikasi menunjukkan error. Jadi beberapa solusi berikut yang saya jalankan untuk mengatasi hal itu.

Pastikan direktori app/storage writable oleh server

Setelah Laravel terpasang pada server, pastikan direktori app/storage writable oleh server itu sendiri, jika tidak maka akan muncul pesan error. Caranya jalankan perintah berikut pada terminal server sebagai root

Edit config apache

Baiklah, selanjutnya index sudah bisa terbaca, namun routing tidak terbaca oleh server. Untuk itu kita harus merubah sedikit konfigurasi apache. Dalam kasus ini, server menggunakan Centos dan webserver httpd. Buka file config sebagai root.

Ganti bagian AllowOverride None menjadi AllowOverride All di dalam <Directory “/var/www/html”> lalu restart webserver dengan perintah:

Periksa kembali aplikasi, jika prosedur sudah benar maka harusnya semua akan berjalan dengan baik. Saya belum memeriksa fungsionalitas aplikasi lebih jauh seperti ketersediaan composer, dan lainnya. Mungkin nanti.

Sebagai catatan kecil saya, dan semoga bermanfaat bagi semuanya :)

2 Responses to “Mengunggah Laravel 4 ke Server Online”

  1. direktori app/storage itu dipakai buat apa om?

    • Didik says:

      itu tempatnya penyimpanan sementara file kayak session, cache, hasil compile template kayak gitu om. makanya kudu writable 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *